0
Tidak Ada Manusia yang Tidak Berguna

segala mahluk yang ada di dunia ini merupakan hasil karya dari Allah SWT. Setiap mahluk diciptakan dengan masing-masing manfaat dan kegunaan. Tidak ada satupun dari makhluknya di dunia ini yang tercipta sia-sia.

Salah satu mahluk Allah yang paling sempurna adalah manusia. Karena manusia tercipta sebagai sebaik-baik bentuk yang mempunyai akal. Walupun demikian, masih banyak orang yang merasa dirinya tidak bisa memberi manfaat untuk orang lain. Jadi, ada ataupun tidak adanya dia tidak memberikan efek apapun untuk orang lain.

Sesungguhnya setiap orang pasti bisa berguna untuk orang lain. Mungkin di suatu tempat dirinya memang tidak dibutuhkan, akan tetapi di tempat lain dia sangat dibutuhkan. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Oleh karena itu potensi (kemampuan) seseorang dan tempat keberadaanya menjadi faktor penting manfaat atau ketidakmanfaatan seseorang untuk orang lain.

Untuk menjadi orang yang bermanfaat terkadang seseorang harus melakukan migrasi ke tempat yang lebih membutuhkanya. Salah satu contoh jika seseorang dalam suatu tempat merasa tidak bisa memberi manfaat untuk orang lain, maka lebih baik dia berpindah untuk mencari tempat lain yang memang tempat itu membutuhkan potensinya. Atau apabila dia tidak menghendaki untuk berpindah tempat maka dia harus belajar menguasai potensi lain yang dibutuhkan  di tempat itu meskipun  dalam kenyataanya terkadang belajar meniru potensi orang lain itu terasa sulit dan membutuhkan waktu yang lama.

Oleh karena itu setiap orang harus selalu belajar memperbanyak potensi diri. Terutama bagi kaum pemuda, memperbanyak potensi dan pencarian jati diri sangatlah penting untuk modal hidupnya. Hal itu juga menentukan apakah dia akan menjadi orang yang bermanfaat atau sebaliknya menjadi orang yang  sia-sia. Dan yang terpenting juga bagi kaum pemuda harus mempunyai keyakinan bahwa kelak pasti bisa bermanfaat untuk orang lain. Karena keyakinan itu akan menciptakan semangat untuk belajar memperbanyak potensi dan pencarian jati diri.



Poskan Komentar

 
Top